VIVAnews

product 1

Kumpulan beberapa berita aktual dan terkini

ANTARAnews

product 1

Menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di Indonesia dan dunia

DETIKnews

product 1

Portal berisi berita aktual, artikel, dan fasilitas online

SELAMAT TAHUN BARU 2012
"Tak Ada Yang Baru Dalam Nuansa Kasih, Namun Waktu Telah Memperingati Kita, Bahwa Selalu Ada Jalan Menuju Ke Depan"
468x80

Friends

Blog Sahabat

James Watt (Penemu Mesin uap)

Rd. Yudha Pradamawan | 18.32.00 | 0 komentar


James Watt, anak tertua yang masih hidup dari delapan anak, lima di antaranya meninggal saat masih bayi, James Watt (1698-1782) dan istrinya, Agnes Muirhead (1703-1755), lahir di Greenock pada 19 Januari 1736. Ayahnya adalah seorang pedagang sukses. Menurut penulis biografinya, Jennifer Tann:. "James Watt adalah seorang anak rapuh dan menderita sakit kepala sering selama masa kanak-kanak dan kehidupan dewasa Dia diajar di rumah oleh ibunya pada awalnya, kemudian dikirim ke sekolah M'Adam di Greenock Dia. kemudian pergi ke sekolah tata bahasa Greenock mana ia belajar bahasa Latin dan Yunani, tetapi beberapa dianggap lambat Namun, pada diperkenalkan untuk matematika, ia menunjukkan baik minat dan kemampuan.. "

Pada usia sembilan belas ia dikirim ke Glasgow untuk mempelajari perdagangan pembuat matematika-instrumen. Setelah menghabiskan satu tahun di London, Watt kembali ke Skotlandia pada 1757 di mana ia mendirikan sendiri usaha pembuatan instrumen. Watt segera mengembangkan reputasi sebagai insinyur berkualitas tinggi dan dipekerjakan di Canal Forth & Clyde dan Terusan Caledonian. Dia juga terlibat dalam perbaikan pelabuhan dan dalam pendalaman Keempat, Clyde dan sungai lainnya di Skotlandia.

Pada tahun 1763 Watt mengirimkan mesin uap Newcomen untuk memperbaiki. Sementara menempatkan kembali ke dalam urutan kerja, Watt menemukan bagaimana ia bisa membuat mesin lebih efisien. Watt bekerja pada gagasan selama beberapa bulan dan akhirnya menghasilkan sebuah mesin uap yang didinginkan uap digunakan dalam kondensor terpisah dari silinder utama. James Watt bukan orang kaya sehingga ia memutuskan untuk mencari pasangan dengan uang. James Watt bukan orang kaya sehingga ia meminta John Roebuck untuk memberikan dukungan keuangan untuk proyek tersebut. Roebuck setuju dan dua orang pergi ke kemitraan. Roebuck memegang dua-pertiga dari paten asli (9 Januari 1769) dengan imbalan pemakaian sebagian utang Watt.

Pada Maret 1773 Roebuck menjadi bangkrut. Pada saat ia berutang Matthew Boulton lebih dari £ 1.200. Boulton tahu tentang penelitian Watt dan menulis kepada dia membuat tawaran untuk pangsa Roebuck di mesin uap. Roebuck menolak tetapi pada 17 Mei, ia berubah pikiran dan menerima persyaratan Boulton itu. James Watt juga berutang uang dengan Roebuck, tetapi karena ia telah melakukan kesepakatan dengan temannya, ia menulis sebuah discharge resmi "karena saya pikir dia ribu pound (Boulton) ia telah membayar lebih dari nilai properti dari dua pertiga penemuan. "

Selama sebelas tahun berikutnya pabrik Boulton yang memproduksi dan menjual Watt mesin uap. Mesin ini terutama dijual kepada pemilik tambang batu bara yang digunakan mereka untuk memompa air dari tambang mereka. Mesin Watt itu sangat populer karena itu empat kali lebih kuat daripada yang telah didasarkan pada desain Newcomen Thomas.

Watt terus bereksperimen dan pada tahun 1781 ia menghasilkan sebuah mesin uap rotary-gerak. Sedangkan mesin sebelumnya, dengan up-dan-down tindakan memompa, sangat ideal untuk menguras tambang, mesin uap baru dapat digunakan untuk menggerakkan berbagai jenis mesin. Richard Arkwright dengan cepat pentingnya penemuan baru, dan pada 1783 ia mulai menggunakan uap Watt-mesin di pabrik-pabrik tekstil itu. Lain mengikuti langkahnya dan 1800 ada lebih dari 500 mesin Watt di tambang Inggris dan pabrik.

Eric Hobsbawm, penulis Zaman Revolusi (1962) berpendapat: "perbaikan intelektual Untungnya sedikit yang diperlukan untuk membuat Revolusi Industri penemuan teknis nya sangat sederhana itu, dan tidak dengan cara di luar lingkup pengrajin cerdas bereksperimen dalam lokakarya mereka. , atau kapasitas konstruktif tukang kayu, millwrights, dan locksmiths:. pesawat terbang, jenny berputar, bagal Bahkan ilmiah mesin yang paling canggih, putar James Watt uap mesin (1784), tidak membutuhkan fisika lebih dari telah tersedia untuk bagian terbaik dari abad. "

Arthur Young menunjukkan dalam bukunya, Dari Birmingham untuk Suffolk (1791): "Apa yang melatih pemikiran, apa roh dari tenaga, apa yang massa dan kekuatan upaya telah bermunculan di setiap jalan kehidupan, dari karya-karya orang-orang seperti Brindley, Watt, Priestley, Harrison, Arkwright .... Dalam apa jalan hidup orang bisa ditemukan yang tidak akan bernyawa mengejar dari melihat uap mesin Watt? "

Watt menjadi anggota Lunar Society Birmingham. Kelompok ini mengambil nama ini karena mereka digunakan untuk bertemu untuk makan dan berbicara pada malam bulan purnama. Anggota lain termasuk Matthew Boulton, Josiah Wedgwood, Joseph Priestley, Thomas Hari, William Kecil, John Whitehurst, William Withering, Richard Lovell Edgeworth dan Erasmus Darwin. Sejarawan, Jenny Uglow, berpendapat: "Para anggota Lunar Society adalah perwakilan brilian dari web ilmiah informal yang melintasi kelas, pencampuran keterampilan diwarisi pengrajin dengan kemajuan teoritis sarjana, faktor kunci dalam lompatan manufaktur Inggris depan dari sisa Eropa Sebagian besar. terpikat oleh mekanika di masa kecil di 1730s dan 1740-an, ketika dosen keliling berkeliling negeri menampilkan keajaiban listrik dan mekanik. "

Pada 1755 Watt telah diberikan paten oleh Parlemen yang mencegah orang lain dari membuat uap-mesin seperti yang ia dikembangkan. Untuk dua puluh lima tahun mendatang, perusahaan Boulton & Watt memiliki monopoli virtual atas produksi uap mesin. Watt dibebankan pelanggannya premi untuk menggunakan mesin uap nya. Untuk membenarkan ia dibandingkan mesin untuk kuda. Watt menghitung bahwa kuda diberikan tarik dari £ 180, karena itu, ketika ia membuat mesin, ia menggambarkan kekuatannya dalam kaitannya dengan kuda, yaitu "20 kuda-tenaga mesin". Watt bekerja keluar berapa banyak masing-masing perusahaan disimpan dengan menggunakan mesin daripada tim kuda. Perusahaan kemudian harus membayar sepertiga dari angka ini setiap tahun, untuk dua puluh lima tahun mendatang.

James Watt meninggal di Heathfield di Handsworth, Birmingham, pada 25 Agustus 1819 dan dimakamkan di samping Matthew Boulton di Gereja St Mary pada tanggal 2 September.

sumber informasi : spartacus.schoolnet.co.uk

Category: , ,

Acak Corak Informasi: My name is Nukay81 . I'm administrator of nukay81.blogspot.com.This blog was opened for Public .

0 komentar

Komen-Komenan yuk : )