VIVAnews

product 1

Kumpulan beberapa berita aktual dan terkini

ANTARAnews

product 1

Menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di Indonesia dan dunia

DETIKnews

product 1

Portal berisi berita aktual, artikel, dan fasilitas online

SELAMAT TAHUN BARU 2012
"Tak Ada Yang Baru Dalam Nuansa Kasih, Namun Waktu Telah Memperingati Kita, Bahwa Selalu Ada Jalan Menuju Ke Depan"
468x80

Friends

Blog Sahabat

Ts'ai Lun (Penemu Kertas)

Rd. Yudha Pradamawan | 12.56.00 | 0 komentar

Tsai, Lun, adalah penemu kertas. Ia hidup dan menjabat sebagai pejabat di Pengadilan Imperial Cina pada Dinasti Han di Cina sekitar 1800 tahun yang lalu. Pada atau sekitar Masehi 105 tahun, ia menyajikan Kaisar Han Ho Ti dengan sampel kertas. Catatan Cina tidak menyebutkan dan kredit Tsai, Lun dengan penemuan kertas. Namanya dikenal di Cina.
Tsai, Lun adalah seorang kasim. Karena ia seorang perwira, dia memiliki akses ke banyak sumber daya, termasuk uang dan sumber daya manusia, untuk penelitian pembuatan kertas. Ia dipromosikan oleh Kaisar untuk penemuan dan menjadi kaya. Kemudian ia terlibat dalam intrik istana, yang menyebabkan kejatuhannya. Akhirnya dia mengakhiri hidupnya dengan menenggak racun.

Sulit membayangkan bagaimana dunia seperti tanpa kertas. Di Cina, sebelum Tsai, Lun, buku dibuat dari bambu, yang berat dan kikuk. Beberapa buku yang terbuat dari sutra, yang sangat mahal. Di Barat pada waktu itu, buku terbuat dari kulit domba atau kulit anak sapi. Tsai, Lun meningkatkan teknologi pembuatan kertas dari serat wijen. Dia menggunakan meterials recycleable seperti bambu, kulit pohon dan kain lusuh untuk membuat kertas. Teknik pembuatan kertas itu disimpan sebagai rahasia selama lima abad di Cina. Pada 751, beberapa papermakers Cina ditangkap oleh orang Arab, dan kemudian kertas diproduksi di Timur Tengah. Seni pembuatan kertas secara bertahap menyebar dan pada abad kedua belas orang Eropa belajar seni dari orang-orang Arab. Kertas menjadi bahan tulisan yang paling umum di Barat.

Hari ini, kertas adalah bahan yang paling umum digunakan dalam kehidupan manusia, bukan hanya sebagai media komunikasi. Tsai, Lun kontribusi untuk peradaban tak ternilai harganya!

sumber informasi : www.sjsu.edu

Category: ,

Acak Corak Informasi: My name is Nukay81 . I'm administrator of nukay81.blogspot.com.This blog was opened for Public .

0 komentar

Komen-Komenan yuk : )