VIVAnews

product 1

Kumpulan beberapa berita aktual dan terkini

ANTARAnews

product 1

Menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di Indonesia dan dunia

DETIKnews

product 1

Portal berisi berita aktual, artikel, dan fasilitas online

SELAMAT TAHUN BARU 2012
"Tak Ada Yang Baru Dalam Nuansa Kasih, Namun Waktu Telah Memperingati Kita, Bahwa Selalu Ada Jalan Menuju Ke Depan"
468x80

Friends

Blog Sahabat

Galileo Galilei (Penemu Teleskop)

Rd. Yudha Pradamawan | 18.25.00 | 0 komentar


Galileo Galilei adalah seorang fisikawan Italia dan astronom. Ia lahir di Pisa pada tanggal 15 Februari 1564. Ayah Galileo, Vincenzo Galilei, adalah seorang musisi terkenal. Vincenzo memutuskan bahwa anaknya harus menjadi dokter.

Pada 1581, Galileo dikirim ke Universitas Pisa untuk belajar kedokteran. Sementara mahasiswa di universitas, Galileo menemukan bahwa dia memiliki bakat untuk matematika. Dia mampu membujuk ayahnya untuk memungkinkan dia untuk meninggalkan universitas untuk menjadi guru dalam matematika. Dia kemudian menjadi guru besar matematika.

Pada 1609, Galileo mendengar tentang penemuan teropong, sebuah perangkat yang membuat objek yang jauh tampak lebih dekat. Galileo menggunakan pengetahuan matematika dan keterampilan teknis untuk memperbaiki dan membangun teropong teleskop. Kemudian pada tahun yang sama, ia menjadi orang pertama untuk melihat Bulan melalui teleskop dan membuat penemuan astronomi pertamanya. Ia menemukan bahwa Bulan itu tidak mulus, melainkan pegunungan dan diadu - seperti Bumi! Dia kemudian digunakan teleskop yang baru diciptakan untuk menemukan empat dari bulan-bulan Jupiter berputar-putar, untuk mempelajari Saturnus, untuk mengamati fase-fase Venus, dan untuk mempelajari bintik matahari pada Matahari.


Pengamatan Galileo memperkuat keyakinannya dalam teori Copernicus bahwa bumi dan semua planet lainnya berputar mengelilingi matahari. Kebanyakan orang dalam waktu Galileo percaya bahwa bumi adalah pusat alam semesta dan bahwa Matahari dan planet-planet berputar di sekitarnya.

Gereja Katolik, yang sangat kuat dan berpengaruh di zaman Galileo, sangat mendukung teori geosentris, atau Bumi-tengah, alam semesta. Setelah Galileo mulai menerbitkan makalah tentang penemuan-penemuan astronomi dan keyakinannya dalam, heliosentris atau Universe Sun-berpusat,, dia dipanggil ke Roma untuk menjawab tuduhan terhadap dirinya oleh Inkuisisi (badan hukum Gereja Katolik). Awal tahun 1616, Galileo dituduh sebagai bidah, orang yang menentang ajaran Gereja. Bidat adalah kejahatan yang orang kadang-kadang dihukum mati. Galileo dibersihkan dari tuduhan bidah, tapi diberitahu bahwa ia harus tidak lagi secara terbuka menyatakan keyakinannya bahwa Bumi bergerak mengelilingi Matahari. Galileo melanjutkan studi astronomi dan menjadi semakin yakin bahwa semua planet berputar mengelilingi matahari. Pada tahun 1632, ia menerbitkan sebuah buku yang menyatakan, antara lain, bahwa teori heliosentris Copernicus adalah benar. Galileo sekali lagi disebut sebelum Inkuisisi dan kali ini ditemukan bersalah bidah. Galileo dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada tahun 1633. Karena usia dan kesehatan buruk, ia diizinkan untuk melayani penjara di bawah tahanan rumah. Galileo meninggal pada tanggal 8 Januari 1642.

sumber informasi : starchild.gsfc.nasa.gov


Category: , ,

Acak Corak Informasi: My name is Nukay81 . I'm administrator of nukay81.blogspot.com.This blog was opened for Public .

0 komentar

Komen-Komenan yuk : )