VIVAnews

product 1

Kumpulan beberapa berita aktual dan terkini

ANTARAnews

product 1

Menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di Indonesia dan dunia

DETIKnews

product 1

Portal berisi berita aktual, artikel, dan fasilitas online

SELAMAT TAHUN BARU 2012
"Tak Ada Yang Baru Dalam Nuansa Kasih, Namun Waktu Telah Memperingati Kita, Bahwa Selalu Ada Jalan Menuju Ke Depan"
468x80

Friends

Blog Sahabat

Rudolf Virchow Carl Ludwig (Penemu Cellular Pathology)

Rd. Yudha Pradamawan | 19.00.00 | 0 komentar


Seorang Ilmuwan medis Jerman, antropolog, dan politikus Rudolf Virchow Carl Ludwig (1821-1902) adalah pendiri dari sekolah "patologi seluler," yang merupakan dasar modern patologi.

Rudolf Virchow lahir pada 13 Oktober, 1821 di Schivelbein, satu-satunya anak seorang petani dan bendahara kota. Pada tahun 1839 Virchow masuk Friedrich Wilhelms Institute di Berlin untuk melakukan studi medis dalam persiapan untuk berkarir sebagai dokter tentara. Dia datang di bawah pengaruh kuat dari Johannes Müller, yang mendorong dokter Jerman banyak menggunakan metode eksperimental laboratorium dalam studi medis mereka. Virchow menerima gelar medis di tahun 1843, karena telah menunjukkan minat dalam patologi.

Pada tahun 1845, saat masih bekerja sebagai magang, Virchow diterbitkan pertama karya ilmiah. Dengan tahun ini ia telah melakukan dirinya untuk metodologi penelitian berdasarkan pemahaman mekanistik fenomena penting. Penelitian medis, menurut Virchow, diperlukan untuk menggunakan observasi klinis, percobaan pada hewan, dan pemeriksaan mikroskopis dari jaringan manusia dalam rangka untuk memahami bagaimana kimia dan fisik biasa hukum bisa menjelaskan fenomena normal dan abnormal berhubungan dengan kehidupan. Dia menerima teori sel sebagai salah satu unsur dasar dalam pemahaman mekanistik kehidupan. Dalam melakukan sendiri untuk melihat ini, ia bergabung dengan kelompok radikal ilmuwan medis muda yang kemudian menantang vitalisme dominan generasi tua.

Pada tahun 1846 Virchow mulai mengajar kursus di patologis anatomi. Pada tahun 1847 ia diangkat ke posisi pertama akademik dengan pangkat privatdozent. Pada tahun yang sama ia dan seorang rekan, Benno Reinhardt, menerbitkan volume pertama dari sebuah jurnal kedokteran, Arsip untuk Pathological Anatomy dan Fisiologi dan Kedokteran Klinis. Virchow terus untuk mengedit jurnal ini sampai kematiannya pada tahun 1902.

Pandangan radikal Virchow politik jelas ditunjukkan pada tahun 1848, tahun revolusi di Jerman. Awal tahun Virchow disajikan sebuah laporan pada epidemi tifus di Upper Silesia di mana dia merekomendasikan bahwa cara terbaik untuk menghindari pengulangan epidemi akan memperkenalkan bentuk pemerintahan yang demokratis. Ketika revolusi pecah di Berlin, Virchow bergabung dengan kaum revolusioner bertempur di barikade. Dia melemparkan dirinya sepenuh hati ke dalam revolusi, banyak ketidaksenangan ayahnya. Dia berpartisipasi dalam sejumlah klub demokratis dan membantu mengedit surat kabar mingguan, Die Medizinische Reformasi, yang mempromosikan ide-ide revolusioner dalam kaitannya dengan profesi medis.

Pandangan politik Virchow menyebabkan suspensinya oleh pemerintah konservatif dibangun kembali pada tahun 1849. Suspensi cepat dicabut karena reaksi bermusuhan dari persaudaraan medis. Kemudian tahun yang sama Virchow diangkat menjadi profesor di Universitas Würzburg. Tak lama setelah itu, ia menikah Rose Mayer, putri seorang ginekolog terkemuka Jerman.

Kursi di Würzburg adalah orang pertama di Jerman yang akan dikhususkan untuk anatomi patologis. Selama 7 tahun Virchow di sana, di sekolah kedokteran menjadi diakui sebagai salah satu yang terbaik di Eropa, terutama karena pengajaran-Nya. Dia mengembangkan konsep "patologi seluler," mendasarkan interpretasinya proses patologis pada teori sel baru dirumuskan Matthias Schleiden dan Theodor Schwann. Pada periode yang sama ia menjadi editor bersama sebuah publikasi tahunan mengkaji kemajuan tahun ini dalam ilmu kedokteran. Publikasi ini kemudian dikenal sebagai Jahresbericht Virchow, dan ia terus mengeditnya sampai kematiannya. Dia juga mulai bekerja pada tahun 1854 di Buku Pegangan tentang Patologi Khusus dan Terapi, yang menjadi model untuk nanti Jerman "buku pedoman" berbagai disiplin ilmu pengetahuan. Meskipun bunga utama Virchow di Würzburg adalah patologi, ia juga terus bekerja di bidang kesehatan masyarakat dan mulai penelitian dalam antropologi fisik.

Pada tahun 1856 Virchow menerima sebuah kursi di Universitas Berlin dengan syarat bahwa gedung baru akan dibangun untuk sebuah lembaga patologis. Dia tetap dalam posisi ini selama sisa hidupnya. Dari tahun 1859 Virchow diperbarui kegiatannya dalam politik. Pada tahun itu ia terpilih sebagai anggota dewan kota, di mana ia menjabat sampai kematiannya. Di dewan ia terutama tertarik dirinya dalam hal kesehatan masyarakat. Pada tahun 1861 Virchow adalah salah satu anggota fondasi Fortschrittpartei Deutsche dan terpilih pada tahun yang sama untuk Diet Prusia. Dia keras menentang persiapan perang Bismarck dan "darah dan besi" kebijakan Jerman pemersatu.

Pada akhir tahun 1860-an dan 1870-an Virchow memusatkan perhatian pada antropologi dan hubungan medis internasional. Dia aktif dalam berbagai kongres medis internasional selama periode ini dan terus melanjutkan minat dalam pengendalian dan pencegahan epidemi.

Pada tahun 1873 Virchow terpilih untuk Prussian Academy of Science. Semua kontribusi untuk tubuh ini berada di bidang antropologi, sebagian besar berkaitan antropologi fisik dan arkeologi. Dalam bidang baru sebagai orang lain ia mengambil tugas mengedit sebuah jurnal terkemuka, Zeitschrift fuer Ethnologie. Tahun kemudian Virchow terus aktif, terutama dalam kaitannya dengan tugas-tugas editorial. Dia meninggal pada tanggal 5 September 1902.



sumber informasi : answers.com







Category: , , , ,

Acak Corak Informasi: My name is Nukay81 . I'm administrator of nukay81.blogspot.com.This blog was opened for Public .

0 komentar

Komen-Komenan yuk : )