VIVAnews

product 1

Kumpulan beberapa berita aktual dan terkini

ANTARAnews

product 1

Menyajikan informasi terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di Indonesia dan dunia

DETIKnews

product 1

Portal berisi berita aktual, artikel, dan fasilitas online

SELAMAT TAHUN BARU 2012
"Tak Ada Yang Baru Dalam Nuansa Kasih, Namun Waktu Telah Memperingati Kita, Bahwa Selalu Ada Jalan Menuju Ke Depan"
468x80

Friends

Blog Sahabat

Mitos Mengenai Ropen (Binatang Langka dari Papua Nugini)

Rd. Yudha Pradamawan | 21.10.00 | 2 komentar

Saya sering mendengar bahwa mungkin masih ada dinosaurus yang hidup di beberapa hutan tropis. Dalam dokumenter televisi dan beberapa buku "ilmu" yang dilakukan oleh perpustakaan sekolah dasar saya, rumor lama hilang makhluk prasejarah berlimpah, dan aku tidak bisa membantu tapi berharap bahwa bukti konklusif dari dinosaurus suatu hari nanti akan ditemukan hidup.

Seiring waktu aku kehilangan antusiasme saya untuk berbagai penjelajah mengaku berada di jejak sauropoda dan makhluk prasejarah lain. Seperti banyak orang yang ditunjuk pemerintah yang sudah diketahui, para pendukung kepala dinosaurus hidup ternyata penjajak, penggemar satwa liar terlalu mudah percaya, kreasionis yang berniat entah bagaimana membuktikan evolusi dengan makhluk yang diduga telah lama punah. Mereka bukan naturalis terkemuka yang telah melihat sesuatu yang aneh dan bertanya-tanya, "apa bisa?" tetapi mereka justru menunjukkan yang dihasilkan moderat, penuh popularitas dengan berdiri untuk ilmu ortodoks yang sering dikutip musuh  seperti orang dalam pencarian untuk yang luar biasa.

Sayangnya, beberapa orang masih tertipu oleh klaim fantastis yang didukung oleh "Pemburu rakasa profesional" Minggu lalu di Salem-News.com, wartawan Terrence Aym diposting sebuah artikel menyatakan: "Dinosaurus Ditemukan Hidup:. Dua Spesies Direkam di Papua Nugini" (Potongan adalah versi singkat dari artikel yang diposting ke Aym Helium.com.) Mengutip laporan dari saksi mata yang dikumpulkan oleh "serious researchers" Jim Blume dan David Woetzel, Aym melaporkan bahwa setidaknya dua jenis pterosaurus terbang archosaurs yang bukan dinosaurus masih menjulang lebih dari Papua Nugini, dan ia bahkan menyediakan beberapa video untuk membuktikannya.

Masalahnya adalah bahwa video memberikan tampilan cukup jelas pada apa yang jelas merupakan suatu frigatebird, kemungkinan besar  frigatebird perempuan (Fregata kecil) berdasarkan bulu gelap dan patch putih di dada. Bahwa hewan tersebut merupakan burung selama beberapa detik pertama dari rumah film frigatebird bertindak seperti yang satu ini, difilmkan dari Kepulauan Galapagos dan komentar video tertanam bahwa kerumunan penduduk setempat telah berkumpul untuk menyaksikan binatang aneh yang melemahkan oleh video yang sebenarnya. Hanya satu orang dapat dibuat berdiri di dekat mobil-mobil yang diparkir, dan banyak orang berhenti untuk menonton burung. Tidak ada indikasi bahwa siapa pun yang melihat burung itu berbuat demikian karena mereka pikir itu adalah tidak biasa atau sesuatu yang lain dari burung.

Lalu ada masalah dari sumber Aym. Blume dan Woetzel adalah penjelajah kreasionis yang telah mencoba untuk mempromosikan keberadaan pterosaurus dan dinosaurus. Bahkan, Woetzel telah pergi jauh untuk mengusulkan pterosaurus tinggal sebagai "fiery flying serpent" dari Yesaya 30:6 dalam Alkitab, mengklaim bahwa pterosaurus juga memberikan semacam cahaya bercahaya yang mereka gunakan untuk menangkap ikan. Bagi Woetzel, anekdot tersebut cukup untuk membuktikan bahwa manusia dan selalu hidup berdampingan dengan pterosaurus, dan dalam makalah Penciptaan Research Society Quarterly ia menegaskan bahwa "evolusionis telah disesuaikan daya tarik alami dengan reptil mengerikan untuk mengajukan keyakinan mereka dalam asal-usul naturalistik dan miliaran tahun evolusi. Oleh kasih karunia Allah kita harus berusaha untuk meruntuhkan tempat ini dan orang-orang yang tinggi bukan untuk Pencipta yang besar. "

Untungnya, penulis lainnya lebih skeptis dari Aym dari "pterosaurus hidup". Darren Naish ahli paleontologi telah menghilangkan prasangka terhadap seseorang yang terkenal di Zoologi tetrapod, dan Glen Kuban juga diposting ringkasan menyeluruh klaim kreasionis tentang pterosaurus. Berkaitan dengan artikel Aym pada khususnya, Dean Traylor telah diposting respon sendiri di Helium, dan ilmuwan berhak mengkritik laporan di blog nya Jaringan Alam.

Tidak ada alasan untuk percaya bahwa hewan di video Aym yang diposting merupakan suatu yang lain dari frigatebird, dan juga tidak ada bukti kuat untuk memberikan kredibilitas klaim Blume dan Woetzel. Yang terakhir dari pterosaurus menghilang dalam kepunahan massal yang membunuh dinosaurus 65 juta tahun yang lalu, dan tidak ada indikasi bahwa salah satu dari mereka selamat melewati dekat dari Kapur. Apakah mereka selamat, mereka akan meninggalkan kita beberapa petunjuk fosil. Bahkan coelacanth berdaging ikan bersirip dikatakan "fosil hidup" ketika mereka ditemukan pada abad ke-20 karena kurangnya catatan fosil antara Kapur dan hari ini diwakili oleh fosil-fosil yang mengundurkan akhir Mesozoikum. Jika pterosaurus masih hidup kita akan berharap untuk menemukan beberapa jenis bukti fosil bahwa mereka tetap jauh lebih lama daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Tapi hanya untuk sejenak, mari kita menghibur anggapan pterosaurus hidup. Apa yang akan mereka terlihat seperti, dan akan mereka benar-benar menjadi ancaman bagi teori evolusi?

Sementara Blume, Woetzel dan lain-lain menggambarkan hidup sebagai hewan pterosaurus yang relatif kecil dengan ekor panjang, jenis pterosaurus menghilang pada akhir Jurassic. Menjelang akhir periode Kapur, pterosaurus banyak yang jauh lebih besar dan tidak memiliki ekor meruncing dikatakan menjadi salah satu keunggulan dari spesies yang hidup. Fakta-fakta ini secara signifikan memperluas kesenjangan antara penampilan terakhir yang diketahui dari kecil, ekor panjang pterosaurus dan hari ini, tetapi mengapa harus pterosaurus tinggal tampak seperti pendahulu mereka? Pterosaurus adalah kelompok beragam archosaurs terbang yang berkembang menjadi berbagai bentuk, dan jika beberapa pterosaurus bertahan selama 65 juta tahun atau lebih kita akan mengharapkan mereka untuk terlihat berbeda dari kerabat fosil mereka. Kreasionis tidak akan ragu menolak titik ini, jika Anda mulai percaya bahwa bumi ini hanya 6.000 tahun, klaim fantastis jauh lebih mudah dibuat, tetapi mengingat apa yang kita telah datang untuk belajar tentang pterosaurus kita seharusnya tidak memiliki harapan bahwa suatu hipotesis, hidup anggota kelompok ini akan terlihat sesuatu seperti kerabat prasejarah nya.

Selanjutnya, bahkan jika pterosaurus ekor panjang yang ditemukan itu akan melakukan apa pun untuk melemahkan ilmu evolusi. Tarif evolusi bervariasi di seluruh garis keturunan yang berbeda melalui waktu-kadang mengubah relatif kecil, dan lain kali terjadi pada kecepatan yang cepat dan jadi hidup, ekor panjang pterosaurus akan menjadi bentuk yang berlangsung selama jutaan tahun dengan sedikit modifikasi (banyak seperti buaya hidup sangat mirip dalam bentuk dengan buaya yang berevolusi 95 juta tahun lalu). Charles Darwin sendiri mengakui hal ini dalam On The Origin of Species: beberapa garis keturunan yang diadaptasi ke dalam bentuk yang berbeda sangat cepat, sementara yang lain mengalami sedikit perubahan dan melestarikan bentuk-bentuk purba selama waktu yang panjang membentang. Sebuah fosil pterosaurus yang ditemukan dalam lapisan Kambrium (atau batuan ratusan juta tahun lebih tua daripada yang pertama vertebrata darat) akan memberikan jeda ahli paleontologi, tetapi pterosaurus hidup akan terus ada ancaman nyata.

Tentu, beberapa mungkin kecewa bahwa tidak ada bukti pterosaurus hidup, tapi ada cara lain untuk melihat video Aym bersama. Frigatebird dalam video tersebut adalah hidup, dinosaurus terbang keturunan modifikasi dari kecil, dinosaurus theropoda berbulu yang hidup jutaan tahun lalu. Bagi saya, fakta yang bahkan lebih indah daripada penemuan lama hilang setiap spesies.




sumber informasi : blogs.smithsonianmag.com

Category: , , , , ,

Acak Corak Informasi: My name is Nukay81 . I'm administrator of nukay81.blogspot.com.This blog was opened for Public .

2 komentar

  1. Anonim says:

    i like the legend of ropen if i know that is true that must be proofed n want a effident

  2. I want to search the fact for that story

Komen-Komenan yuk : )